10 Cara SEO On Page Paling Simple Untuk Blogger Pemula

By: Admin Blog

10-cara-seo-on-page-untuk-pemula

10 Cara SEO On Page Paling Simple Untuk Blogger Pemula. Selamat datang di blog WapHTML buat sahabat-sahabat blogger. Pada artikel kali ini, Admin akan mencoba ikut-ikutan membahas tentang Seo On Page. Seolah olah Admin ini seorang webmaster senior yang ahli di bidang Seo. Sebab, bahasan seperti ini memang sangat menarik untuk di perbincangkan.

Kenapa Admin tertarik membahasnya?. Karena Seo merupakan hal yang penuh dengan teka-teki, segala cara dan teknis semua di kerahkan. Dan tujuannya hanya satu, yaitu merebut posisi di halaman satu mesin penelusuran.

Sehingga ada sebagaian blogger menggunakan cara yang melanggar ketentuan search engine. Atau lebih terkenal di kalangan blogger dengan istilah Black Hat Seo. Black hat kalau di artikan dalam bahasa indonesia adalah topi hitam.

Kalau dalam bahasa blogging, secara filosofi di artikan suatu perbuatan yang melanggar norma-norma, peraturan dan ketentuan yang di berlakukan oleh search engine.

Lalu, apakah sebenarnya Seo On Page itu?. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Lalu, arti dari On Page adalah di halaman blog. Seo On Page dalam arti luasnya adalah sebuah upaya optimasi untuk memaksimalkan keberadaan halaman blog di mesin penelusuran.

Artinya, jika suatu blog di optimalkan seluruh isi konten beserta struktur-struktur penting yang berhubungan dengan pencrawleran. Maka, blog tersebut akan mudah naik peringkat dan bisa merebut posisi di Google page one.


Bagaimanakah Teknik Dasar Seo On Page Yang Benar Dan Simple?

Teknik dasar Seo On Page sangatlah penting di kuasai oleh para blogger pemula. Sebab, hal ini merupakan kunci paling dasar untuk menjadikan blog mampu bersaing dengan blog/website lainnya. Jadi, jangan sampai di anggap remeh teknik ini.

Sebenarnya upaya optimasi itu bukan Seo On Page saja, tapi juga ada Seo Off Page. Apabila keduanya dapat di lakukan dengan benar, akan menjadikan blog lebih kuat dalam bersaing meraih peringkat di halaman utama mesin telusur. Namun, pada tulisan artikel ini Admin tidak akan membahas Seo Off Page.

Sebab, untuk tingkatan paling mendasar kita harus membangun Seo On Page terlebih dahulu. Selain itu, Seo Off Page juga tidak mudah di terapkan oleh kita yang masih pemula. Yang mana kita harus bisa mendapatkan backlink dari situs luar yang punya otoritas tinggi dan terpercaya. Selain itu, tautan balik yang di dapatkan juga harus sesuai dengan topik blog yang kita kelola.

Selanjutnya, di bawah ini merupakan 10 cara Seo On Page dengan teknik paling simple dan mudah di terapkan oleh pemula.

1. Menggunakan Template SEO
2. Memasang Breadcrumb
3. Membuat Artikel Berkuwalitas
4. Membuat Judul Menarik
5. Menggunakan Tag Heading
6. Menggunakan Long Tail Keywords
7. Menempatkan Keywords
8. Menggunakan Label Artikel
9. Mengatur Permalink
10. Membuat Tautan Antar Artikel

Itulah cara-cara yang harus di lakukan untuk optimasi Seo On Page pada blog. Lalu bagaimana cara menerapkannya?. Untuk penerapannya silahkan di baca satu persatu keterangannya di bawah ini.


01#. Menggunakan Template SEO

Bagi yang belum faham apa itu template, pasti masih bertanya apa sebenarnya template itu?. Template adalah suatu bentuk tampilan blog yang terdiri dari header, body halaman, dan footer yang dapat di lihat lewat perangkat mobile maupun dekstop.

Dalam menerapkan Seo On Page, kita harus memperhatikan berbagai macam komponen atau widget yang ada pada template. Termasuk adanya navigasi yang mudah di akses, widget popular post, artikel terkait dan widget lainnya yang wajib ada pada blog. Hal ini termasuk sebagai penunjang sebuah blog jadi user friendly.

Kemudian, pada template juga harus tersusun kode tag meta header yang valid. Sebab, ini akan memudahkan search engine menelusuri isi konten artikel pada blog. Selain tag meta header, seluruh struktur kode di dalam template juga harus valid. Sebab, hal inilah yang menjadikan blog menjadi Seo Friendly.

Pada intinya penerapan paling utama kita harus menggunakan template yang memenuhi standard SEO. Untuk mengecek template silahkan masuk di situs: https://pagespeed.web.dev. Jika skor Seo 90% ke atas, maka bisa di teruskan, apabila di bawah skor 90% maka harus di perbaiki terlebih dahulu.


02#. Memasang Breadcrumb Valid

memasang-breadcrumb-valid

Breadcrumb arti dalam bhs indonesia adalah remah roti atau dalam istilah jawa timur remukan roti yang agak lembut. Kalau artinya seperti itu, lantas apa hubungannya dengan blogging?. Dalam hal ini Admin akan jawab secara filosofis yang di hubungkan kenyataan breadcrumb pada halaman postingan.

Semua blogger pasti pernah melihat navigasi pada header. Lalu di bawahnya ada breadcrumb. Di sini Admin mengartikan bahwa breadcrumb merupakan remah dari navigasi header. Di lihat dari ukuran huruf juga relatif lebih kecil. Dari segi fungsi juga sama, yaitu menu navigasi label artikel.

Memasang breadcrumb pada halaman postingan, punya pengaruh besar terhadap Seo. Breadcrumb yang valid akan selalu dapat nilai plus di search engine. Dan di Google search console juga akan tercatat. Dengan memasangnya di halaman artikel, akan mendongkrak menambah power Seo halaman artikel.


03#. Membuat Artikel Berkuwalitas

Artikel yang berkuwalitas itu berisi informasi yang sangat berguna untuk pembaca. Dan membuat artikel berkuwalitas di butuhkan pengalaman pada bidang yang di bahas. Dan ini juga harus berhubungan dengan topik atau niche blog.

Menulis artikel yang berkuwalitas dan fokus pada niche blog, akan memberi dampak meningkatkan Seo suatu blog. Dan tentang panjang artikel ini juga penting untuk di perhatikan. Jika mampu, maka buatlah artikel dengan jumlah 3000 kata. Dan jika tidak mampu, buatlah minimal 700 kata.


04#. Membuat Judul Menarik

Membuat judul artikel menarik, ini akan membawa dampak positif terhadap blog. Selain menarik juga harus relevan dengan isi artikel, sebab ini akan membuat pengunjung jadi betah dan puas. Karena mereka merasa mendapatkan pencerahan dari tulisan artikel yang kita buat.

Judul artikel yang menarik, walaupun pada urutan 12 di halaman utama search engine. Ini termasuk punya peluang untuk di klik oleh user di mesin pencarian. Dan dampaknya akan menaikkan peringkat blog di search engine.

Maka dari itu, buatlah judul yang sangat menarik. Karena ini termasuk bagian dari Seo On Page. Dan jangan sekali-kali membuat judul menarik tapi tidak sinkron dengan topik bahasan. Ini akan mengakibatkan menurunnya peringkat blog di SE (Search Engine).


05#. Menggunakan Tag Heading

Tag Heading termasuk bagian penting dalam optimasi Seo On Page. Pada setiap tema atau template blog sudah pasti ada tag heading seperti: H1, H2, H3, H4. Tapi walaupun sudah ada, kita harus tetap cek terlebih dahulu. Apakah susunan tag tersebut berurutan atau tidak. Sebab susunan tag yang tidak berurutan akan menurunkan Seo blog.

Contoh penempatan tag heading berurutan. Pada halaman depan blog terdiri dari: H1 = judul blog, H2 = widget post body, H3 = widget di bawah body dan seterusnya. Kemudian untuk halaman postingan, setiap template punya perbedaan. Ada yang menggunakan H1 = Judul utama artikel dan ada juga yang menggunakan H2 = judul utama artikel.

Apabila pada template yang di gunakan adalah tag H1 sebagai judul utama. Maka dalam penulisan artikel, buatlah subjudul menggunakan H2, lalu H3 secara berurutan. Agar lebih mudah memahami hal ini, silahkan baca artikel: Cara Membuat Artikel Blog Seo..


06#. Menggunakan Long Tail Keywords

Long tail keywords adalah kata kunci yang panjang. Dan ini ada hubungannya dengan judul postingan artikel. Bagaimana cara membuat long tail keywords?. Caranya kita harus mencari kata kunci di Google Search yang akan di gunakan membuat artikel.

Cukup mengetik kata kunci di form pencarian google dengan jumlah dua atau tiga kata yang akan kita buat judul artikel. Contoh: Seumpama akan membuat artikel tentang HP murah. Maka kita cukup coba mengetik kata "Jual HP Murah". Maka di pencarian tersebut akan muncul deretan kata kunci (keywords) tentang Hp murah yang di cari orang.

Setelah menemukan yang cocok, maka kita tinggal mengolah dengan tambahan kata yang paling relevan. Misalnya dari kata kunci dasar "Jual HP Murah" ini di pastikan punya persaingan yang cukup tinggi dengan blog/website besar. Maka, kita cukup mengolahnya menjadi long tail keywords menjadi: "Jual HP Murah Berkualitas Tinggi Dan Awet". Ini contoh penggunaan long tail keywords.


07#. Menempatkan Keywords

Untuk menempatkan kata kunci pada artikel, lain ladang lain belalang. Artinya setiap blogger itu punya teknik yang berbeda-beda menurut kebiasaannya. Tapi yang jelas dan pasti di gunakan oleh kebanyakan blogger adalah pada judul utama artikel, lalu sub-sub judul artikel, di awal paragraf artikel dan di akhir artikel.

Pada pokoknya, jangan terlalu banyak atau memaksakan dalam menempatkan keywords dalam artikel. Sebab, kalau diri kita sedang tidak baik-baik saja, akan di anggap spam. Dan akibatnya artikel tidak bisa muncul di halaman utama mesin penelusuran. Kita jadi rugi sendiri kan..??.


08#. Membuat Label Artikel

Label merupakan sarana untuk mengelompokkan setiap artikel dengan bahasan yang sama. Misalnya di dalam blog ada beberapa artikel membahas tentang "Bisnis". Maka buatlah Label "Bisnis" untuk artikel-artikel tentang topik tersebut.

Fungsi adanya label di setiap artikel, ini akan memudahkan pengcrawleran robot telusur google atau search engine lainnya dalam merayapi seluruh konten blog. Dengan begitu, setiap artikel yang di terbitkan akan cepat terindex di mesin pencarian.

Dalam membuat label untuk sejumlah artikel yang satu topik, usahakan jangan melebihi dua label. Contohnya: Kita punya 20 artikel dengan topik bahasan mengarah pada kesehatan, tentang obat alami, tentang vitamin, cara sehat. Maka cukup kelompokkan artikel-artikel tersebut pada label: Kesehatan, dan label satunya sesuaikan dengan isi bahasan artikel tersebut.


09#. Mengatur Permalink

Apa itu permalink?. Yaitu sebuah link yang terbuat dari judul utama artikel. Misalnya, kita membuat judul seperti ini: "Tempat Wisata Alam Paling Menakjubkan Di Indonesia". Judul tersebut akan menjadi link artikel atau permalink seperti ini: "https://namablog.com/2023/12/tempat-wisata-alam-paling-menakjubkan-di-indonesia.html".

Biasanya suatu judul postingan yang panjang akan terpotong di permalink. Sebab di permalink hanya memuat sekitar 30 - 40 karakter huruf. Jika membuat judul panjang lalu di permalink terpotong, sebaiknya di atur sendiri dengan tetap menempatkan inti dari kata kunci.

Agar lebih mudah di fahami, kita ambil contoh link di atas: judul utama: "Tempat Wisata Alam Paling Menakjubkan Di Indonesia". Lalu pada permalinknya terpotong: "https://namablog.com/2023/12/tempat-wisata-alam-paling-menakjub.html".

Jika terjadi seperti contoh di atas, maka kita harus merubahnya lebih ringkas dengan tetap menggunakan kata kunci utamanya. Contoh: "https://namablog.com/2023/12/wisata-alam-paling-menakjubkan.html". Jadi, kita hilangkan kata "tempat" dan kita tambah kata "kan" setelah kata "menakjub".

Membuat permalink lebih singkat dengan menyertakan keywords bidikan. Ini sangat berpengaruh positif terhadap Seo, sebab mesin telusur bisa membaca teks tersebut dengan jelas.


10#. Membuat Tautan Antar Halaman Artikel

Kekuatan Seo On Page, selain dukungan dari semua yang tersebut di atas. Yaitu dengan cara menautkan antar halaman artikel (internal link). Atau dalam istilah lain di sebut dengan Anchor Text. Dalam pembuatan internal link, di sarankan memiliki label dan topik yang sama, kecuali tautan home page.

Agar lebih jelas, Admin akan beri contoh. Misalnya kamu punya 10 artikel dengan label "Musik". Maka kamu bisa menautkan halaman artikel-artikel antara satu dengan lainnya sesama label. Dan jangan lupa, tautkan juga halaman utama blog pada tiap-tiap artikel.

Jika kamu bisa menerapkan cara tersebut dengan benar. Maka, sedikit demi sedikit namun pasti, blog kamu secara perlahan akan naik peringkat. Lalu sebagai pendukung yang tak kalah penting adalah selalu up to date membuat artikel secara rutin.

Kalau tidak bisa setiap hari, minimal dalam satu minggu selalu menerbitkan tiga artikel baru. Dengan begitu, maka blog kamu akan nampak selalu aktif. Dan hal ini akan mendapatkan penilaian positif, blog yang selalu aktif akan di sukai oleh mesin pencarian Google dan SE lainnya.

Demikian 10 cara seo on page paling simple untuk blogger pemula.. Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar