Masalah Pengindeksan Artikel Di Google? Ini Solusinya!

By: Admin Blog

masalah-pengindeksan-artikel-di-google

Masalah Pengindeksan Artikel Di Google? Ini Solusinya!. Artikel merupakan salah satu konten paling penting dalam blog. Suatu blog tanpa konten sama dengan tidak ada gunanya. Pada tulisan kali ini Admin akan berbagi suatu pengalaman tentang masalah artikel yang tidak di index oleh Google.

Dan bisa juga sudah pernah di index, tapi dalam jangka waktu tertentu tiba-tiba hilang tak terindex. Mungkin masalah seperti ini juga pernah di alami oleh sebagaian blogger yang belum faham tentang problem sebenarnya. Mendapat masalah seperti ini memang bikin pusing, karena tidak tahu solusinya.

Kadang kita sudah susah-susah menulis artikel, eeh eeh ternyata tidak muncul di Google. Mengalami kejadian seperti ini, kira-kira siapa ya yang pantas di salahkan?. Apakah pihak mesin penelusuran, atau sebaliknya diri kita sendiri karena kurangnya pengetahuan?.


Masalah Pengindeksan Artikel, Jangan Salahkan Google

Masalah pengindeksan artikel, sering kali sebagaian blogger menilai robot search engine Google tidak bisa bekerja dengan baik. Atau komplain ini dan itu yang intinya menyalahkan Robot mesin telusur. Padahal dari pihak Google sudah memberikan pedoman dan cara agar artikel mudah di rayapi serta di index.

Kalau sudah di jelaskan secara gamblang oleh Google, kemudian terjadi hal yang tidak di inginkan. Termasuk masalah pengindeksan ini, berarti yang salah itu pada diri kita. Dan ini bisa terjadi karena minimnya pengetahuan serta tidak faham apa yang di sarankan oleh Google.

Tentang pengindeksan artikel yang bermasalah, sebenarnya ada beberapa faktor yang berbeda. Dari faktor-faktor tersebut berakibat pada masalah yang sama, yaitu artikel tidak terindex. Saat menggunakan Google Search Console, mungkin Anda pernah mengalami hal seperti ini: "Artikel di temukan tapi tidak di index".

Hal seperti ini biasanya di sitemap sudah tercatat, Search engine juga sudah tahu artikel-artikel tersebut, tapi tidak di index. Atas kejadian ini, maka akan timbul pertanyaan, kenapa kok gak di index?. Apa ada yang salah dengan artikel-artikel tersebut?.


Faktor-Faktor Penyebab Artikel Tidak Di Index Mesin Telusur

Artikel tidak di index oleh search engine banyak faktor yang menyebabkannya. Masalah ini sebagaian sudah pernah Admin sampaikan pada artikel 7 penyebab artikel hilang dari index google search. Pada artikel tersebut sudah ada penjelasan tentang faktor penyebabnya. Misalnya: artikel hasil copas (copypaste), keyword berlebihan, backlink dari situs tidak bermutu (terlarang), dan lain-lainnya.

Jadi, dari beberapa faktor sudah Admin terangkan di situ. Untuk tulisan kali ini akan bahas faktor lainnya sebagai penyebab. Dan masalah ini juga pernah terjadi pada blog Admin yang lain. Dan penyebabnya murni karena Admin kurang memahami tentang cara inspeksi Url artikel di search console.

Sebenarnya saat itu semua artikel sudah terindex di google. Tapi dalam beberapa bulan kemudian mengalami masalah pengindeksan. Admin sering dapat kiriman email dari Google untuk mengatasi masalah tersebut. Tapi Admin belum faham yang di maksud.

Tapi di search console admin cek n ricek link url artikel yang semula terindex lalu mengalami masalah pengindeksan. Dan di search console terdapat pemberitahuan "kesalahan pengalihan" atau Halaman dengan pengalihan. Ini adalah URL non kanonis yang mengalihkan pengguna ke halaman lain.

Yang di maksud di atas itu membingungkan, sebab saat inspeksi Url Admin rasa tidak ada yang salah. Tapi suatu ketika admin berfikir bahwa perangkat yang di pakai user itu ada dua versi. Yaitu versi mobile dan dekstop. Dan url versi mobile dan dekstop itu berbeda.


inspeksi-url-artikel-versi-mobile

Selanjutnya lihat contohnya seperti ini: "https://namablog.blogspot.com/2023/12/title-artikel.html (Versi Dekstop)". Lalu yang satunya seperti ini: "https://namablog.blogspot.com/2023/12/title-artikel.html/?m=1 (Versi Mobile)". Admin saat inspeksi Url artikel selalu menggunakan url versi dekstop. Memang awalnya terindex sampai waktu tertentu.

Kemudian terjadi masalah tersebut, memang hal semacam ini bikin pusing. Tapi Admin tidak menyerah dan selalu mencari solusinya. Lalu Admin coba inspeksi Url ulang artikel yang bermasalah pakai versi mobile di belakangnya cukup menambah /?m=1. Ternyata cara tersebut benar-benar joss bisa menuntaskan masalah pengindeksan.

Jika teman-teman blogger ada yang mengalami masalah tersebut, intinya masalah pengindeksan. Kamu bisa coba cara di atas, sebab mayoritas pengguna internet menggunakan perangkat mobile seperti smartphone android dan sebagainya.

Tapi jika kamu sudah melakukannya tapi masalah tidak kunjung selesai. Berarti ada faktor lain yang mengganggu, mungkin saja tag meta header template susunannya kurang tepat, atau mungkin sebab lainnya.

Demikian artikel "Masalah Pengindeksan Artikel Di Google? Ini Solusinya!". Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar